Menu

Mode Gelap
Gubernur Banten Pastikan Visi dan Misi Bisa di Implementasikan dan Dirasakan Warga Andra Soni Lantik Deden Apriandhi sebagai Sekda Banten, Ini Delapan Program Prioritas Mendorong Pertumbuhan Ekonomi, Gubernur Banten Minta Stop Percaloan Tenaga Kerja Wamen ATR/BPN Dorong Penyelesaian Konflik Agraria berbasis HAM Pesta Demokrasi Limited Edition Perempuan dan Pertaruhan Jabatan Suaminya

Kancah Publik

ASDP Bungkam Soal Antrean Kacau di Pelabuhan Eksekutif Merak

badge-check


					ASDP Bungkam Soal Antrean Kacau di Pelabuhan Eksekutif Merak Perbesar

Kekacauan sistem antrean kendaraan di Pelabuhan Eksekutif Merak, Banten kembali memicu kemarahan para pengguna jasa penyeberangan. Sejumlah pengendara yang merasa sudah mendapat giliran naik kapal justru dialihkan ke area parkir bawah, sementara kendaraan lain yang datang belakangan justru diizinkan masuk lebih dahulu.

“Saya dari jam satu siang sudah nunggu. Tapi begitu kapal sandar, malah kami disuruh pindah ke bawah. Harusnya yang baru datang itu yang nunggu, bukan kami yang sudah antre dari awal,” ujar Guntoro, salah satu pengguna jasa, kepada media, Jumat (4/7/2025).

Menurutnya, pengalihan lokasi parkir dilakukan tanpa penjelasan yang memadai dari petugas. Akibatnya, para penumpang yang merasa sudah mendapat jatah naik kapal terpaksa kembali menunggu lebih lama dari jadwal seharusnya.

“Kalau kami enggak dipindahkan ke bawah, sekarang mestinya sudah nyebrang. Tapi malah gantian sama mobil-mobil baru yang langsung masuk. Itu yang bikin banyak orang emosi,” tambahnya.

Pantauan di lokasi menunjukkan antrean kendaraan sempat memanjang. Beberapa pengguna jasa terlihat mendatangi petugas lapangan untuk meminta klarifikasi. Namun hingga sore hari, belum ada pihak manajemen ASDP yang turun langsung memberikan penjelasan.

“Kami sudah tanya mana manajer operasional atau kepala pelabuhan, tapi enggak ada yang muncul. Cuma petugas lapangan yang bingung juga jawabnya. Mereka bilang nanti ditanya ke sana-sini, tapi ya enggak jelas,” ungkap salah satu pengguna lainnya.

Situasi ini menimbulkan keresahan dan dianggap tidak adil oleh para penumpang. Beberapa di antaranya bahkan meminta konpensasi atas keterlambatan dan potensi kerugian yang ditimbulkan.

Pengguna jasa berharap sistem antrean di Pelabuhan Eksekutif Merak dapat diperbaiki menjadi lebih transparan dan akuntabel, terutama di masa libur dan akhir pekan saat volume kendaraan dan penumpang meningkat drastis.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari pihak Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) terkait insiden tersebut, Manager Operasional ASDP Cabang Merak, Andre, yang coba dihubungi belum memberikan tanggapan.***

Penulis: Red

Baca Lainnya

Wamen ATR/BPN Dorong Penyelesaian Konflik Agraria berbasis HAM

8 Juli 2025 - 15:53 WIB

Ini Logo Resmi HUT KNPI ke 52

7 Juli 2025 - 11:36 WIB

Imbas Kebijakan PHK Sepihak, PT Indosat Tbk Dituntut Rp10,6 Miliar

6 Juli 2025 - 10:52 WIB

Komite SDIT Harapan Ummat Jakarta Diminta Mundur, Ada Apa

4 Juli 2025 - 11:34 WIB

Kementerian ATR/BPN Tegaskan Soal Privatisasi Pulau di Indonesia

4 Juli 2025 - 10:05 WIB

Trending di Kancah Publik